
Malem pertama.? maksud lo..? hayo,.. aku yakin lebih dari 50 persen dari kamu semua berpikiran sama seperti yang aku ingin kalian pikirin. Tapi bukan cerita seru kalo baru baca judulnya ja, semua dah pada paham critanya, ya kan,.??
Seperti "Malem Pertama" lainnya, sebagian pikiranku masih bergentayangan entah kmana, dan lebih banyak masih ketinggalan di rumah seh. Mo megang "ini" masti mikir dulu, mo nyentuh "itu", mesti liat2 dulu. pokoknya gag bisa konsen en fokus. Takut salah megang. bisa berabe ntar,.!!
Ok, sudah cukup mikir yang nggak2 nya. Aku gag mau ikut nanggung dosa kamu semua yang berpikir macam-macam. Malem pertama, means hari pertama aku kerja untuk tiap trip. Disebut malem, ya,.. karena hari pertama pasti dapet shift malem. Coba aku langsung masuk siang. Pasti gag aku sebut malem pertama. En pastinya kamu semua gag bakal punya pikiran itu. But anyway, barang hilang atau rusak resiko penumpang. Aku kan cuman supir.
Ok, let set our mind. just think like operator in Oil & Gas industry. If U can't. Just try as near as you can. Pada dasarnya seh sama ma perusahaan apapun dan dimanapun. Dibandingin ma penjual gorengan di kampung pun, basicly gag da bedanya. Gag percaya.? Coba kamu baca ini,
Hari ini jualan kita laku brapa, ya..??
I'm serious. that's what I mean. Cuman beda di barang yang dijual ja. kalo aku pertanyaannya sperti ni, Seharian tadi jualan Gas kita dapet brapa MMSCF.? kalo kamu bingung, nih, aku coba kasih dikit bocoran. MM artinya Million Metric atau juta metrik atau mudahnya, angka 10 dipangkat 6. Lha, kalo SCF tu Standard Cubic Feet atau kaki kubik. Kaki,.? maksud loh,.? hehe. emang ada2 ja orang inggris kalo bikin satuan. kaki orang dibawa2. udah gitu pake distandarin, diakui dunia lagi,.. hedew,..!! Padahal, mana ada ukuran kaki orang yang sama persis. ya kan.? Tapi, dah jadi nasib kita yang gag bisa bikin satuan ndiri, terpaksa ikut ngukur2 pake kaki [bukan ngukur kaki, itu jamuran namanya,.. haghaghag,.!!]. Intinya 1 kaki setara ma 30 cm lah. Jadi, MMSCF tu brapa meter kubik ya.? itung ja ndiri,.. kan udah dikasih bocorannya tadi.. Pokoknya kalo 1 meter kubik itu 11-12 lah ma isi tampungan air di kamar mandi kamu.. [kira2 seperti itu,..].
Cumannya lagi, selain MMSCF, ada lagi yang mesti ditanyain terkait jualan gas seharian tadi. Yaitu,
Seharian tadi jualan Gas kita dapet brapa Bbtu.?
Bingung lagi.? gag papa, karena aku baik hati dan tidak sombong serta pandai memasak [mampir gih ke warung L3574RI, depan FIA Unibraw. Dijamin, maknyuss,.!!. hehehee. Numpang promosi boleh doong.??], aku kasih lagi bocorannya. B tu artinya Billion. Yups,. bener skali yang kamu pikirin. Billion means milyar. jadi kalo mo nulis sesuatu yang ada Billionnya, kamu mesti nambahin sembilan nol dibelakangnya. Sedangkan Btu tu artine British Thermal Unit. Dan,.. lagi2 orang Inggris yang bikin ini. Apa sih maunya mereka.? knapa gag ngasih kesempatan orang lain buat bikin satuan.? hehehe. Yah nasiblah. Pokoknya kalo gag bisa bikin ndiri, mau gag mau kita mesti ngikut yang udah ada.
Balik lagi ke Btu tadi. Analoginya, 1 Btu tu artinya panas yang dibutuhin buat naikin temperatur 1 pons air sebesar 1 derajat Fahrenheit. Wah,.. kok muncul lagi kata2 aneh ya,.? yaweslah, gampangnya gini. Kalo ditimbang, 1 pons tu mirip2 ma 0.45 kg. Terus untuk Fahrenheitnya, kamu kurangin aja ma angka 32. terus kamu kaliin lima. Selanjutnya kamu bagi ma angka sembilan. Dan,..!! eng,.. ing eng,.!! jadilah dia Celcius. sama kayak satuan thermometer di rumah kamu. Lha terus, 1 Bbtu tu cocoknya buat manasin air seberapa ya,.? ya kamu itung aja ndiri. Kan udah ada rumusnya tadi,..
Secara garis besar, dua satuan ini yang dipake buat ngukur, nimbang, ngitung, nakar, nilai, atau apalah suka2 kamu, buat gas yang kita jual. Yang MMSCF buat ngukur volumenya, sedangkan Bbtu buat ngitung nilai kalornya. Kurang lebih seperti itu. Asal kamu gag pake tabung propane-butane (Elpiji iku lo..) buat ngitung ato ngukurnya. Emang kamu mau bolak balik Jambi-Singapura sambil bawa2 tabung LPG 3 kg.? hehehe,.. just kiddink rek,.!
Bai de we, eniwe, baswe, hubungan antara malam pertama ma MM apalah itu tadi, apa hayo.? Mungkin bagi kamu gag da hubungane. tapi bagiku berhubungan banget. Buktinya, aku bisa nulis keduanya dalam satu cerita. Ya kan,..?? hehehe.
No heart feeling ya,..!!! just intermezzo buat ngenalin duniaku pada kamu semua,. Gimana.? Interest buat join ma aku.?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar